Posted in Kuliah S2, Pustaka, Review

A Handbook : Writing The Research Paper

Salam sahabat,

Publikasi hasil penelitian merupakan target banyak peneliti-peneliti ilmiah di seluruh dunia, yang dimaksudkan untuk memperkaya sumber literasi dan agar hasil penelitian dapat dibaca oleh orang lain.  Berhasil menerbitkan makalah hasil penelitian melalui publikasi jurnal-jurnal berskala internasional adalah impian para peneliti.

Namun, salah satu tantangan yang dihadapi diluar fokus penelitian adalah bagaimana mengemas hasil penelitian menjadi tulisan berupa makalah (paper) berbahasa inggris yang sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa inggris baku agar tulisan yang disajikan memenuhi standar dan tentu saja dapat dipahami oleh pembaca. Tantangan ini terasa berat bagi peneliti  dengan modal bahasa inggris yang pas-pasan atau berbahas inggris dengan pasif, bisa membaca dan memahami tetapi tidak memiliki kemampuan untuk menuangkan gagasan penelitiannya dalam bahasa inggris.

Dalam tulisan ini, saya ingin berbagi informasi tentang beberapa buku yang saya anggap cukup bagus sebagai buku panduan dalam menulis makalah (paper) berbahasa inggris yang sesuai kaidah umum. Walaupun setiap publisher jurnal penelitian mempunyai template dan gaya masing-masing. Tapi setidaknya panduan ini memberikan gambaran dasar aturan penulisan baku.

writing_research

Buku Pertama berjudul “Writing the Research Paper A Handbook 8th Edition, 2010” karya Anthony C. Winkler da Jo Ray Metherell.  Buku setebal 381 halaman ini cukup lengkap diawali dengan pembahasan mengenai pengenalan “Research Paper” secara umum. Kemudian di bab-bab akhir membahas sistem-sistem penulisan  seperti System MLA , System APA dan Traditional System (CMS) yang dilengkapi dengan contoh masing-masing dalam satu bab khusus.

Buku Kedua berjudul ” Writing and Publishing a Scientific Research Paper” karya Subhas Chandra Parija, dkk.  Buku ini merupakan karya kompilasi beberapa Author yang membahas topik spesifik, seperti terlihat pada screenshoot halaman daftar isi berikut :

sc1

Buku Ketiga adalah “English for Research : Usage, Style, and Grammar” dengan pasangan buku latihannya berjudul “English for Academic Research : Grammar Exercise” karya  Adrian Wallwork.  Pasang buku ini juga sangat bagus, membahas secara detail penggunaan kata, tanda baca dan tata bahasa. Perhatikan dua gambar berikut :

sc3.png
Buku English for Research 1
sc2
Buku English for Academic Research

 

Demikian, sekedar berbagi informasi sambil bolak-balik lembar buku sekedar menemukan inspirasi, semoga bermanfaat.

 

 

 

Author:

Mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s