Posted in Kuliah S2, MKOM, Pustaka, Review, Serba-serbi

SADM : Buku Wajibnya System Analyst?

Sahabat,

Hari ini saya tertarik menulis tentang sebuah buku. Buku yang menurut saya sangat bagus untuk dinikmati, dipahami dan recomended menjadi koleksi perpustakaan pribadi Calon,  System Analyst pemula maupun Senior System Analyst. Bahkan untuk para akademisi saya sarankan menjadikan buku ini sebagai salah satu referensi utama. Lebih khusus untuk tujuan akademik, buku ini diterbitkan dalam dua edisi yaitu Instructor Edition dan Student Edition.

Buku setebal 765 halaman dengan nomor ISBN 0073052337 ini disusun oleh dua orang professor hebat dari Purdue University yaitu  Jeffrey L. Whitten dan Lonnie  D. Bentley, diberi judul sesuai dengan tujuannya  “System Analysis and Desing Method  7th edition“. Diterbitkan tahun 2007 memperbarui buku edisi ke-6 tahun 2004. Saya kutip dari laman web penerbit, disebutkan alasan utama penulisan buku ini :

Today’s students want to practice the application of concepts. As with the previous editions of this book, the authors write to balance the coverage of concepts, tools, techniques, and their applications, and to provide the most examples of system analysis and design deliverables available in any book. The textbook also serves the reader as a professional reference for best current practices.

6176IdZu2yL._SX388_BO1,204,203,200_
Cover Buku SADM

Buku ini dibagi oleh penulis menjadi Empat Bagian :

Bagian I : The Context of Systems Development Projects

Bagian ini menjelaskan skenario dan proses pengembangan sistem informasi disebut juga sebagai Gambar Besar (big picture) sebelum menyelami bagian spesifik dan detail-detail dalam analisa sistem dan metode desain yang dijelaskan dalam keseluruhan buku, memuat 4 Bab awal  (1,2,3,4) yang merupakan fondasi awal yang sebaiknya dikuasai.

Bagian II : System Analysis Methods 

Bagian ini meng-cover bagian depan/awal aktifitas pengembangan sistem informasi (front-end), perangkat dan teknik menganalisa permasalahan bisnis, kebutuhan sistem informasi untuk bisnis dan mengajukan solusi sistem yang tepat. Memuat 7 Bab, dimulai dari bab 5 sampai dengan bab 11.

Bagian III : System Design Method

Bagian ini meng-cover bagian pertengahan (middle) dari aktifitas pengembangan sistem informasi. Terdiri dari 7 bab (12-18)  mengupas  tentang tools and techniques. Sesuai dengan nama bagian, pada bagian ini dibahas detail desain sistem secara umum dan secara lengkap.

Bagian IV : Beyond System Analysis and Design

Bagian ini meng-cover bagian akhir (back-end) aktifitas pengembangan. Memuat 2 Bab akhir (19 dan 20) yang meliputi implementasi sistem, support dan pemeliharaan sistem setelah dibangun.

Salah satu hal yang membuat saya sangat tertarik dengan buku ini adalah adalah disajikannya sebuah halaman utama (home page) disetiap bab yang memuat simpulan atau peta konsep suatu bab dalam bentuk gambar atau poster. Sebelum membaca keseluruan, Isi Bab dapat diselami hanya dengan memahami gambar pada halaman utama ini. Buku ini  terdiri dari 20 Bab secara keseluruhan. Contoh poster itu saya tampilkan pada gambar berikut :

Bab I Home Page
Home Page Bab I

Peta Konsep Bab I pada gambar di atas setiap bagiannya akan dijabarkan secara detail dalam bab I tersebut, contoh bagian the business drivers atau proses bisnis yang dapat memicu terjadinya suatu proyek sistem informasi. Dijabarkan dengan penjelasan lebih detail dan disimpulkan kembali dengan poster seperti gambar ini :

pemicu bisnis

Bagi calon System Analyst konten bagian awal buku ini sangat cocok untuk membangun fondasi awal pengetahuan mengenal dunia sistem informasi secara umum dan peran system analyst, apa saja kemampuan atau kompetensi yang harus dimiliki seorang system analyst. Sehingga bukan tidak mungkin dengan membaca buku ini seorang calon akan membuat keputusan yang tepat setelahnya. Lihatlah gambar ilustrasi di bawah ini, bagaimana gambaran tugas dan tanggung jawab seorang system analyst dalam sebuah proyek pengembangan sistem informasi.

Fungsi System Analyst
Gambaran Tugas dan Tanggung jawab seorang System Analyst

Lihatlah home page Bab 18, bagian  yang mengulas bagian akhir proses desain proyek sistem informasi.

Bab 18
Home Page Bab 18

Penilaian menurut saya, dari 0 sampai 10 bintang, buku ini saya berikan grade 9 bintang, sebab 1 bintang saya simpan untuk saya sendiri yang menulis artikel ini, hehehehe…. peace..

jadi menjawab judul artikel ini, dengan membaca buku ini Insya Allah akan menemukan jawabannya. saya hanya bisa memberikan rekomendasi :

Bagi System Analyst pemula dan senior yang sedang meniti karir di tempat kerjanya, buku ini sangat bagus  dijadikan referensi maupun panduan untuk membuat aksi-aksi anda sebagai system analyst bisa lebih terarah dan terukur. Silahkan di lihat contoh dokumen bagaimana buku ini memandu menyelesaikan dan menangani sebuah kasus suatu proyek sistem informasi di sini

Bagi akademisi, mahasiswa dan dosen buku ini menjadi sumber literasi atau bahan rujukan utama yang sesuai, penjelasan yang sistematis dan komprehensif,  buku ini menurut saya dapat membantu mempermudah penyampaian materi ajarnya. Seperti yang dilakukan oleh Dosen kami yang terhormat Pak Prof. Sarjon Defit, pengampu mata kuliah dengan judul sama. Jujur, dari beliau saya mendapatkan inspirasi menulis artikel ini.  Silahkan dilihat salah satu contoh slide presentasi yang disiapkan penerbit buku di sini.

Bagaimana dengan harga buku ini ? di Amazon.com dicantumkan harga sekitar US$210,74  untuk sebuah buku baru.

Salam.

 

Author:

Mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s