Posted in Blogger, Serba-serbi

Tool Alternatif Membuat Form PDF

Yaah.. Kok Form Central ditarik dari peredaran sech…

Eh, Ada yang tahu apa itu Form Central ?  Nih saya kutip Jawaban dari Lori Kassuba atas pertanyaan yang sama :

Adobe FormsCentral is an online form solution that enables you to easily create, distribute, collect, and analyze HTML forms and surveys. Your forms are hosted by Adobe. With FormsCentral, you can create attractive, professional online forms — including questionnaires, contact forms, registration pages, mailing lists and much more — and then quickly analyze your data from anywhere in real time while maintaining data security. You can also share links via e-mail, Twitter or web pages and your recipients can access and complete forms or surveys from any device with a web browser and Internet connection – smartphones, tablets, laptops, or desktop devices.

By Lori Kassuba

 

Sebenarnya aplikasi pembuatan form PDF dari Adobe yang bernama FormCentral sudah memiliki kemampuan mumpuni membantu pengguna membuat form dengan mudah dan gampang, namun sejak kemunculannya sampai akhirnya ditarik oleh Adobe dari peredaran 28 Juli 2015 membuat banyak pengguna yang sebelumnya sudah nyaman dengannya mengungkapkan kekecewaan di forum-forum. Dan Adobe pun membuat FAQ khusus untuk mengiringi sekaligus memberikan klarifikasi atas penarikan itu.

Tampilan GUI Aplikasi FormCentral

Saya sendiri merasa sangat terbantu dengan adanya aplikasi yang bagus semacam Form Central. Pengalaman menggunakannya pertama kali membuat saya jatuh hati tapi tidak sampai klepek… klepek lho, hehehehe. Setelah membaca FAQ yang disampaikan oleh Adobe, disebutkan beberapa alternatif aplikasi sejenis yang dapat digunakan, oleh pengguna, pembacapun juga dapat mencoba sensasinya, berikut aplikasinya :

  1. JotForm
  2. FormSite
  3. Cognito Form
  4. FormStack
  5. Survey Monkey
  6. WuFoo

Masing-masing tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Persamaan dari semua aplikasi tersebut adalah sama-sama menampilkan menu “Pricing” di website mereka. Artinya pengguna diberikan pilihan harga untuk dapat menggunakannya. Ada sech  paket free dengan kapasitas penyimpanan yang tidak terlalu besar bagi yang ingin mencoba layanan mereka yang umumnya sudah mengadobsi teknologi cloud.

Bagi sebagian pengguna, kemudahan migrasi dari Form Central ke aplikasi yang baru menjadi alasan utama memilihnya. Mungkin saja dilandasi dengan banyaknya form yang sudah terbuat dengan Form Central sehingga tidak begitu sulit dalam proses konversi. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, saya bisa membuat tulisan tentang perbandingan aplikasi-aplikasi alternatif tersebut.

Author:

Mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s