Posted in Blogger, Kuliah S2, MKOM, Pustaka, Serba-serbi

Belajar Lagi

Kuliah lagi, jadi mahasiswa lagi, Belajar lagi….

CS

Kenapa tidak? belajar, belajar dan belajar… setiap saat sebaiknya kita memang harus bisa belajar. Belajar tidak terbatas pada waktu atau pada institusi formal seperti sekolah atau perguruan tinggi. Dari alampun kita bisa dapat banyak belajar. Kata orang tua dulu “Alam takambang jadi guru” 🙂   Tidak ada ruginya kalau kita belajar, InsyaAllah dengan belajar kita menjadi lebih baik, kehidupan menjadi lebih bermakna dan berkualitas.

Apalagi dewasa ini dengan kemajuan teknologi, bermunculan berbagai metode dan media pembelajaran sehingga batas-batas yang tadinya menjadi penghalang akses belajar menjadi tereliminasi. Belajar tidak lagi terbatas dengan ruangan dan waktu. Karenanya, belajar menjadi lebih mudah dan lebih murah. Sumber-sumber belajar begitu banyak tersedia.

Sstt.. Eh, Sahabat…

Sudah satu bulan lebih saya telah kembali memulai kehidupan akademis. Mendaftar kuliah lagi pada Program Pascasarjana  Universitas Putra Indonesia (YPTK) Padang. Saya memutuskan menapak naik ke jenjang yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Sekarang saya jadi bagian Mahasiswa Magister Ilmu Komputer (MKom Angkatan 30). Di UPI YPTK sendiri program Magister Ilmu Komputer di arahkan pada dua konsenstrasi yaitu Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Konsentrasi ini akan lebih nyata pada semester III. Apa yang akan saya pilih? Awalnya saya tertarik mengembangkan diri dibidang pengolah data. Data Analityc , Data Mining, Big Data, System, Software, Apps Development. Tapi atas pertimbangan linieritas interest malah beralih pada hal-hal  tentang Keamanan (Computer Security and Forensic),  Jaringan Komputer (Networking).

Pada kuliah matrikulasi “Object Oriented Programming” minggu sebelumnya sempat berdiskusi tentang linieritas Dosen, Pak Prof. Dr. Jufriadif Na’am, S.Kom, M.Kom, beliau mengatakan kalau dulu S1 nya Teknik Elektro, maka pilihan yang linier adalah S2 Teknik Komputer atau Teknologi Informasi. Sebenarnya kalau di luar negeri Program studi ilmu komputer justru sangat linier, bahkan seringkal ilmu komputer satu atap dengan Ilmu Elektrik. Coba kita search keyword “Electrical Engineering and Computer Science”. Kita akan melihat eratnya keterkaitan antara Teknik Elektro dan Ilmu Komputer. Dengan kata lain keduanya ilmu ini sebenarnya serumpun.

Selain melanjutkan hobi belajar ke tempat pendidikan formal, niat hati juga ingin memantapkan hasil belajar di lapangan sebagai Tenaga IT di berbagai perusahaan. Semenjak lulus S1 Teknik Elektro, Saya lebih banyak berkecimpung di dunia kerja sebagai Personel IT selama lebih dari 13 Tahun.

Siplah, mari mulai berkutat dengan terminologi-terminologi akademis Ilmu Komputer. Diawali dengan empat matakuliah Matrikulasi Teknologi Database, Komunikasi Data dan Jaringan, Object-Oriented Programming, Arsitektur Komputer.

Dengan semangat baru ditambah dukungan dari keluarga dan terutama dukungan istri tercinta. Semoga Allah membimbing dan mempermudah proses studi ini sehingga mencapai hasil yang terbaik.

Mari baca buku Computer Science Handbook

 

Author:

Mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

Leave a comment