Posted in Blogger, Pelatihan Blog, Review, Serba-serbi

Bimbel Online di Ruangguru atau Bimbel Primagama

Kurikulum pendidikan di Indonesia terus dikembangkan. Mulai dari kurikulum 1968 sampai yang terakhir kurikulum 2013. Tak dapat dipungkiri, perkembangan materi pelajaran pun juga terus meningkat. Untuk mengimbangi fenomena ini, sangat wajar ketika peserta didik ikut serta dalam bimbingan belajar (bimbel) atau les.

Salah satu contohnya, Primagama sebagai penyedia jasa pendidikan luar sekolah  (bimbel). Didirikan tanggal 10 Maret 1982 di Yogyakarta dengan target mulai dari siswa SD-SMA. Hingga saat ini, Primagama memiliki 461 cabang di seluruh provinsi di Indonesia. Jumlah peserta didiknya pun cukup besar, yaitu 90.000 siswa aktif setahun dengan jumlah pengajar mencapai 8.000 orang. Target bimbel ini adalah meningkatkan prestasi akademik di sekolah, UAS, UN, hingga sukses masuk PTN di Indonesia.

Keunggulannya dalam memajukan pendidikan di Indonesia memang sudah teruji. Primagama melaksanakan tes uji dalam bentuk Paper Based Test (PBT) dan  Computer Based Test (CBT). Tak berhenti di situ, Primagama juga memiliki SmartConsys dan Smart Book. SmartConsys adalah sistem computerize konsultasi siswa terpadu yang tersedia dalam paket Layanan Siswa Primagama (LSP). Sedangkan Smart Book disusun berdasarkan kurikulum pemerintah serta sajian soal-soal latihan yang mudah dipahami.

primagama

Perihal metode belajar, Primagama dikenal dengan jurus andalannya “Smart Solution” agar bisa memahami pelajaran dan mempercepat penyelesaian soal-soal ujian. Jurus yang paling populer adalah Magasing dan Fisitaru. Magasing adalah kumpulan rumus matematika yang mudah, asyik, dan menyenangkan. Sedangkan Fisitaru adalah langkah-langkah penyelesaian soal-soal fisika tanpa rumus-rumus rumit.

Meski Primagama terbilang gemilang dalam mengedepankan prestasi siswa, peserta didik Primagama tentunya harus datang ke lokasi les untuk belajar. Dalam kondisi tertentu, perlunya hadir di lokasi les akan menjadi hambatan tersendiri bagi peserta didik. Berbeda dengan Ruangguru, platform berbasis internet ini menyediakan jasa bimbel melalui aplikasi mobile yang dapat diunduh melalui Play Store/App Store. Sehingga, hanya dengan bermodalkan internet, peserta didik dapat mengakses materi bimbelnya di mana saja dan kapan saja.

ruangguru 1

Berbeda dengan biaya bimbel di Primagama yang berkisar jutaan rupiah. Biaya bimbel di Ruangguru terbilang sangat terjangkau, mulai dari Rp 175 ribu. Pelajar dari SD-Umum dapat menjadi peserta bimbel di Ruangguru. Selain itu, guru yang mengajarnya pun bisa disesuaikan dengan yang diinginkan. Sehingga peserta didik dengan guru pelajaran yang dibutuhkan.

Nah untuk bantuan mengerjakan soal, Ruangguru menyediakan langkah yang cukup mudah untuk menanyakan kepada guru yang ahli di bidangnya. Siswa cukup mengirimkan foto soal, kemudian mengunggahnya dalam aplikasi Ruangguru. Selanjutnya guru akan menjelaskan peserta didik dengan melalui fasilitas chatting.

Untitled design(3)

Di antara kedua pilihan tersebut, orangtua dapat memilihkan mana yang kira-kira dapat membantu tumbuh kembang pendidikan anak. Primagama atau Ruangguru, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karenanya, orangtua harus bijak dalam memilihkan bimbel untuk anaknya supaya materi pembelajaran ketika bimbel sesuai dengan kondisi sang anak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s