Plus dan Minus dijatah Per Bulan

Satu bulan terakhir saya menikmati konsekuensi kata “iya” ketika ditanya sales tentang perubahan paket dari prabayar ke pascabayar.

Waktu itu posisi saat percakapan negoisasi kurang tepat dan kurang kondusif. Sang sales menelpon waktu saya lagi di dalam angkutan umum. Ini jadi pelajaran berharga, ketika ada pembicaraan penting mestinya minta kesempatan untuk mencari waktu Dan tempat yang kondusif. Hal ini juga membantu kita untuk bersikap tenang dan berfikir positif.

Oke,

Dari bulan lalu sampai satu tahun ke depan saya harus rela dijatah 20 GB tiap bulan. Bila dibanding dengan pemakaian sebelumnya, quota ini melebihi kebutuhan saya yang rata-rata 15 GB per bulan. Untuk kecepatan tidak ada perubahan berarti, masih dalam layanan 4G LTE.

Tentang harga, justru lebih murah saat ini bila dibandingkan dengan rata-rata pengeluaran kebutuhan Isi Pulsa dan paket internet sewaktu masih prabayar. Saat ini saya tidak lagi bayar apa-apa tiap bulan, karena sudah saya bayar di muka untuk satu tahun.

Satu kekurangan dari layanan ini adalah coverage area yang terbatas di Jabodetabek dan Medan saja baru tersedia.  Bila saya harus keluar kota, layanan tidak tersedia. 

Kekurangn lain yang mungkin timbul adalah habisnya quota sebelum datangnya bulan baru, jadi uring-uringan dech fakir quota.

image

Akibat Miskomunikasi di awal dengan sang sales, mau atau tidak mau saya harus rela menggunakan perangkat berbeda, dari  bentuk modem wifi menjadi bentuk smartphone. Walaupun masih bisa tehtering  tapi tidak bisa berperan sebagai ip DHCP seperti yang saya butuhkan, feature ini ada pada modem wifi. Tanpa feature ini saya terpaksa riset lagi bagaimana membangun WLAN di lab networking mini yang saya punya.

image

Note : Tulisan ini bukan promosi ya, hanya curcol…

Leave a Reply

