SMA N Unggulan Pemprov DKI

image
SMA N Unggulan Moh. Husni Thamrin

Dalam tiga bulan terakhir saya berkesempatan berkunjung ke SMA Negeri Unggulan Mohammad Husni Thamrin di seputaran Bambu Apus, Cipayung Jakarta Timur.

Kedatangan saya pada awalnya untuk membantu menyiapkan infrastruktur di laboratorium komputer sekolah agar bisa digunakan saat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UN BK) pada April nanti. Tanpa terencana sebelumnya, kedatangan saya menjadi berlanjut untuk hal-hal yang bisa mendukung pengembangan IT di Sekolah ini.

Alhamdulillah segala sesuatu yang dipersyaratkan oleh pihak Puspendik Kemendikbud untuk infrastruktur UN BK berhasil kita penuhi dan berjalan lancar. Kurang dari dua minggu saya membantu mempersiapkan server dan berdiskusi bersama Pak Ilham yang bertugas tentang segala sesuatu persiapan infrastruktur.

image

Setelah nya, saya mencoba menginstalasi aplikasi perpustakaan Berbasis web, SLIMS.

image
Memberikan Tutorial penggunaan aplikasi Library Management System kepada Librarian

Selanjutnya, saya mencoba mendeploy aplikasi Learning Management System (LMS) Berbasis moodle. Tujuan nya adalah memanfaatkan fitur quiz yang terdapat di moodle untuk digunakan oleh guru-guru yang mengampu Mata pelajaran UN. Fitur Quiz ini sangat baik dimanfaatkan untuk latihan Siswa-siswi agar terbiasa ujian menggunakan komputer. Sehingga pada hari H pelaksanaan UN BK minimal mereka sudah tidak canggung ujian di depan komputer karena sudah terbiasa.

Server LMS Moodle saya siapkan untuk berjalan di jaringan lokal Sekolah (intranet), memanfaatkan satu unit pc di Laboratorium Bahasa.

Leave a Reply

