Silat, Wayang, Jiwa dan Mahakarya Indonesia

Indonesia adalah negeri yang kaya akan nilai-nilai. Nilai-nilai itu tumbuh menjadi sesuatu yang hebat dan luhur melandasi keteguhan dan kegagahan Jiwa Indonesia.

Ada empat nilai luhur yang teramalkan dalam kehidupan yang membangun mahakarya Indonesia yaitu Kegigihan, gotong royong, kesabaran, rendah hati.

Tiga nara sumber yang menjadi panelis hari ini. Bang JJ Rizal sebagai Sejarawan, Kang Yayan Ruhian (Mad Dog) sebagai praktisi Pencak Silat Indonesia, aktor film laga. Mas Nanang Hape sebagai Dalang Wayang Urban.

Silat muncul berjaya mulai abad ke-7 di Indonesia. Pada kemunculannya filosofi silat adalah “Lubuk akal lautan budi”

Dalam silat ada nilai kerendahan hati yang menempati tempat yang istimewa.
Silat tidak hanya olah raga, tapi juga olah budi. Silat berperan dalam menumbuhkan karakter yang tangguh. Begitu Bang JJ Rizal memaparkan nilai luhur dari pencak silat.

Menurut Kang Yayan sebagai praktisi memaparkan bahwa dalam Pencak Silat ada unsur beladiri, olah raga dan seni. Nilai luhur, nilai bangsa, nilai pribadi adalah nilai yang tidak ditemukan pada beladiri lain selain silat. Untuk melengkapi keterangannya, beliau mengajak para hadirin menyaksikan demonstrasi gerakan silat sambil menjelaskan filosofi tiap gerakannya.

Mas Nanang sebagai dalang menjelaskan bahwa dalam wayang selain mengandung nilai pendidikan juga ada nilai luhur kerendahan hati dan kesabaran yang bisa kita tangka bila kita memperhatikan mulai dari proses membuat wayang yang penuh dengan nilai senirupa yang tinggi sampai pada pementasan dan pemilihan lakon wayang.

Menarik sekali dialog Mahakarya Indonesia kali ini yang diadakan di Kopicini Hotel Kartika Chandra. Ada banyak hal yang terungkap dan membuat kita bangga akan Indonesia setelah mendengarkan pemaparan narasumber.

Advertisements

2 thoughts on “Silat, Wayang, Jiwa dan Mahakarya Indonesia

  1. Las fotos estan en el facebook, buscanos como “Vida Sobre Ruedas” y dale en “me gusta”. Ahi puedes ver fotos de todas las rodadas que hemos reSuziado!aalldos.

  2. Michela scrive:Un consiglio spassionato…rinunciaci e spera che il loro cesso torni operativo il prima possibile.Noi lo condividiamo e non ti dico l’indecenza che quotidianamente tocca sopportare ( e adesso abbiamo la donna delle pulizie che passa con una certa regolarità…ho detto tutto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s