Posted in Blogger, Serba-serbi

Layanan Video Sharing

Layanan Video Sharing yang tersedia di Internet
Layanan Video Sharing yang tersedia di Internet
Youtube adalah salah satu layanan “video sharing” paling populer di internet, layanan milik google yang baru-baru ini telah meluncurkan channel khusus bernama “Youtube Edu”  khusus diperuntukkan menayangkan video-video dengan konten edukasi, mengeliminir dan memfilter video dan advertising yang kontra produktif terhadap edukasi. Suatu inovasi yang mendahului provider pesaingnya.
Guru-guru bisa memanfaatkan ini sebagai sarana edukasi audio visual, memanfaatkan untuk sarana pembelajaran interaktif dan menarik bagi peserta didik. Bagaimana dengan kendala koneksi internet? Youtube sudah menyiapkan tindakannya, tidak lama lagi youtube bisa akses tanpa buffering, tayang video yang mulus tanpa jeda akan bisa dengan segera kita nikmati.

Sayangnya, masih belum banyak user (netizen) yang menyadari bahwa kita semua bisa Menjadi “Mitra Youtube” dengan membuat channel sendiri dan mengisi kontennya. Bersyukur saya sudah menjadi mitra youtube sejak 2009 lalu. Secara pribadi saya percaya bahwa memperbanyak konten positif akan mengeliminir pesaingnya, sehingga kita dengan sendirinya sudah ambil bagian dalam gerakan berinternet secara sehat.
Saya ikut mengaktifkan Channel Youtube
Saya ikut mengaktifkan Channel Youtube
Ingatkah kita akan fenomena Video Keong Racun? atau Briptu Norman Kamaru? atau video Psy dengan gangnam style-nya? atau Justin Bieber?  mereka boleh jadi  kita anggap terkenal diawali dari video yang  mereka unggah ke youtube. Apa yang bisa kita ambil hikmahnya dari sini ? tentu saja pendapat kita sangat beragam.
Membuat channel sendiri artinya kita mengorganisasiksan video yang diupload atas nama akun pribadi, sehingga dapat dengan mudah ditelurusi oleh pengunjung. Selain itu kita juga dapat dengan mudah mengelola video yang sudah diunggah tersebut.
Bila konten video yang diunggah cukup menarik pengunjung, pun kita punya kesempatan mendapatkan penghasilan sebagai imbalan atas konten yang kita tampilkan tersebut, saya menyebutnya sebagai bonus atas semangat berbagi informasi.
Yang perlu kita pertimbangkan sebelum meng-unggah (upload)  video ke channel youtube adalah masalah originalitas dan kreatifitas kontennya, karena youtube akan dengan senang hati memeriksa semua video kita lalu mengirimkan pesan penilaian originalitasnya.
Statistik video youtube
Statistik video youtube
Bagaimana dengan sahabat ?

Author:

Mahasiswa Pasca Sarjana Fakultas Ilmu Komputer Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.

One thought on “Layanan Video Sharing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s